Cerita Indah Nan Berkesan Ketika Pancamandala Kunjungi Kominfo Jakarta


 

 

Jakarta,11/09/2017,Pancamandala.id

Selepas istirahat saya , menjelang mahgrib tiba dimalam Minggu kemarin saya berangkat menuju sebuah titik Akses jalan yang Mudah dilalui oleh Kendaraan Umum disebuah Perapatan di Jalan Mangunreja -Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Malam minggu saya kali ini “Mungkin Akan ditetapkan mengikuti Orang-orang Desa Kawasan Pancamadala (5 Pemdes di Kecamatan Jatiwaras) untuk menuju sebuah tempat , tepatnya disebut Mabes (Markas Besarnya) BP2DK di Kota Bogor sana,,!” Itulah  ucapanku kepada mereka yang berada dirumahku ketika aku bergegas dengan Peralatan sederhanaku menuju titik tempat  tersebut.

Singkat cetita, sayapun telah berada didalam Mobil Dinas Kepala Desa Papayan Kecamatan Jatiwaras salah satu Pendiri Kawasan Pancamandala ” Kita sekarang akan menuju kesana ,sambil menunggu Rombongan Pemdes yang lainnya yang pada intinya Mereka akan bermaksud mempermudah dan mengisi Aplikasi SIDeka Website Kita agar kelengkapan isian kontent SIDeka dari Lima wilayah Pemdes kita , lengkap dari mulai isian Data Sistem Kuangan Desa sampai ke Hal terpenting pada Kontent Website Desa Unggulan kita ini ,,!” Pak Undang Sadikin Kepala Desa Papayan bercerita kepada saya hampir sepanjang malam Minggu yang lalu (10/09/2017).

Perjalanan panjang yang menempuh jarak Hampir  95 Kilometer (Tasik-Bogor) tersebut hampir tak terasa , karena perjalanan team Pemdes Kawasan Pancamandala diwarnai “Saling Menunggu Rombongan Satu Team” yang semuanya membawa Kendaraan Pertiap Rombongan masing-masing yang Mobil Dinasnya  di isi oleh Kepala Desa, dan Operator Pemdesnya Masing-masing , juga ditambah “Menunggu” teman baru Kawasan Pancamandala yakni menunggu seorang Operator Desa Kecamatan Cikatomas.

dokpri
dokpri

*”Team Website Desa ,Meeting dulu Agar besok Freesh,,! Irman Mailandi

Singkat cerita ,perjalanan Team yang Mengusung 20 Orang Kepercayaan Warga Masyarakat Desanya guna “Mengisi Undangan Resminya Pihak Kementrian Kominfo Pusat di Jakarta tersebut pada hari Senin kemarin (11/09/2017) kita sebut sebagai Pengalaman  nan amat mengesankan dan sekaligus mendebarkan ,pasalnya “Sesampai di Kantornya BP2DK (Badan Perencanaan Pembangunan Desa dan Kawasan) selepas subuh (Pagi Buta) di Bogor itu para Operator Desa  Musti mengisi Aplikasi Sideka pada Website Desanya masing-masing dengan Pengisian Data ,dari mulai Pendataan Penduduk (Keterangan domisili warga,Daftar Orang yang telah menikah, duda janda dan lain-lainnya) juga mesti menyinkronisasi Kontent Aplikasi SISKeuDes (Sistem Keungan Desa) masing-masing , sayapun bergumam dalam hati “Betapa mereka para Pegawai Desa itu mulia Tugasnya” karena semua data itu mesti matching sesuai dengan Kontentnya masing-masing,,!”.

5 Operator Desa Handal Team Pancamandala  ditambah 1 Orang Operator  dari Desa di Kecamatan Cikatomas plus 3 Orang Operator Desa Banyuresmi Kecamatan Sukahening tersebut itupun nampak “Super Sibuk” menyelesaikan Apa yang dirasa dan dipandang kurang pada beberapa Kontent Website Desanya Masing-masing.

dokpri
dokpri

Para Kepala Desa Kawasan Pancamandala Plus Kades Banyuresmi Sukahening ketika duduk dikursinya Ruangan Ukir Kemkominfo Jakarta.

Hari Senin pagi  (11/09/2017)-pun tiba rombongan Para Pejuang Informasi Desa melalui jejaring Internet dengan istilah kerennya “Website Desa” itupun nampak bergegas dengan peralatan tugasnya masing-masing yang telah Matcing guna menuju Gedung Kementrian Komunikasi dan Komunikasi yang terletak di Kawasan Jalan Jendral Soedirman Jakarta Pusat.

Dengan wajah-wajah ceria namun terlihat tegang ,para Admin Website Desa itupun sampai di Altar Muka Gedung Megahnya Kem-Kominfo dan sempat dipersilahkan Masuk keruangan  Ukir tempat para Petinggi Kementrian itu berdiskusi ,rapat dan sebagainya.

Operator Kawasan Desa *Pancamandala, (*Desa Papayan, Ciwarak, Mandalamekar, Mandalahurip dan Kertarahayu), nampak serius  mendengarkan   presentasi aplikasi SIDEKA di gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Seorang Operator Pemdes Buniasih Kecamatan Cikatomas dan Operator Desa Banyuresmi Kecamatan Sukahening nampak tegang ketika para Petinggi Kemkominfo Pusat memberikan “Pernyataan-pernyataan Crusialnya Para Inohong Kominfo dan BPKP ketika itu.

*Para Inohong Kemkominfo dan Dirut BP2DK di Ruangan Ukir ketika memberikan Persentasinya didepan para Pegiat Wesite Desa.

Terlihat oleh saya , Dalam acara tersebut   hadir Dirjen Aptika Kemkominfo Samuel Pangarepan , Dirut Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan,(BP2DK) Irman Maelandi ,Kepala  Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telemunikasi dan Informatika, (BP3TI), dan Dua Orang Perwakilan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan,(BPKP).

fb-img-1505214329321-59b7c2dab2e5a74243779a92.jpg
fb-img-1505214329321-59b7c2dab2e5a74243779a92.jpg

Pada intinya mereka (Pejabat Terkait Yang disebukan diatas) menyimpulkan bahwa SIDeka itu merupakan sebuah Kontent Website Desa yang Handal dan perlu untuk dilengkapi lagi “Tata -Titi” Penggunaannya berikut Pengukuhan Perangkat payung aturan yang sesuai dengan Perundang-undangan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Acara tersebut itupun bubaran menjelang senja itu kemarin,nampak langit Jakarta pun Cerah  seketika,dan para pegiat website desapun “Pulang Kedesanya masing-masing” Guna”  meneruskan Tugas Kesehariannya yakni mengabdikan dirinya Untuk Warga Desanya.

Asep Muhammad Rizal

Facebook Comments

asep muhammad rizal

Hidup Indah Penuh Berkah,Jauh Dari Maksiat Cinta Agama dan Negara ,Penjungjung Tinggi Pancasila Pengidola Muhammad SAW ,Merindukan Ridholloh Sehat,Walafiat Sepanjang Zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *