Bumades Jaringan Potensi

Dua Menteri Resmikan Kawasan Perdesaan Panca Mandala Jadi Desa Broadband Terpadu

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) Eko Putro Sanjoyo dan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara meresmikan desa desa di Kawasan Perdesaan Panca Mandala, Tasikmalaya sebagai program Desa Broadband Terpadu (DBT). Desa desa tersebut adalah Desa Papayan, Desa Ciwarak, Desa Kertarahayu, Desa Mandalamekar, Desa Mandalahurip, dan Desa Sindang Asih. Peresmian langsung dilakukan di Kantor Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu tanggal 10 Desember 2017.

Hadirnya Desa Broadband Terpadu diharapkan dapat meningkatkan pembangunan Indonesia lewat desa. Rudiantara menjelaskan DBT ialah program pengembangan potensi desa lewat pemanfaatan telekomunikasi dan informasi.

“Mandalamekar kini menjadi desa pertama yang tidak ‘ndeso’ karena sudah ada Internet, alhamdulilah,” katanya ketika memberikan sambutan pada acara Peresmian Program Desa Broadband Terpadu.

Ia mengatakan program itu hasil dari kerja sama berbagai pihak, seperti warga setempat, penyedia layanan, dan relawan Teknologi dan Informasi (TIK) bersama pemerintah setempat dan pusat. Lewat kerjasama itu, kata dia, akses internet dapat dirasakan di Desa Mandalamekar.

“Karena pembangunan yang dilakukan pemerintah bukan hanya di kota-kota besar, namun juga di desa-desa demi mengatasi masalah ketimpangan di Indonesia,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya akses internet, warga desa makin termotivasi untuk memajukan desa, sekaligus contoh desa lainnya di Indonesia. Ia juga mengimbau warga desa menggunakan internet dengan bijak dan tidak ikut menyebarluaskan informasi hoaksm

“Karena sudah ada Undang-undangnya, jangan sampai ada yang dihukum karena ketidaktahuan. Sebarlah kebaikan dan kebenaran, semoga berkah,” ucapnya.

× Ada yang bisa kami Bantu?