Bumades Jaringan Kegiatan unit usaha

Panca Mandala Jadi Bagian dari Kerjasama BAKTI Kembangkan Bisnis Berbasis Telekomunikasi dan Informasi

Proses Penandatanganan Kerjasama BAKTI dengan BUMDESMA Panca Mandala

JAKARTA, 6 September 2019 – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan komitmen kerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Penyedia Layanan Internet (Internet Service Provider/ISP). Penandatanganan dilakukan di Menara Merdeka, Jakarta Pusat.

Kemitraan ketiga pihak bertujuan untuk mengembangkan konektifitas internet di perdesaan sebagai jembatan pemerataan kesenjangan ekonomi masyarakat. Sehingga, BAKTI menjadi fasilitator kerja sama BUMDes dengan penyedia layanan internet. BAKTI juga memberikan dukungan sarana-prasarana untuk BUMDes.

Kerja sama pertama adalah BUMDESMA Panca Mandala yang berada di Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat dengan penyedia layanan internet PT Sarana Insan Muda Selaras (SIMS) dan BUMDESMA Panca Mandala dengan BAKTI.

Sedangkan kerja sama kedua adalah BUMDes Makmur Bersama, Desa Puncak Baru, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat dengan PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI).

Direktur Utama BAKTI Anang Achmad Latif menyatakan kunci kemajuan sebuah negara adalah desa. “Kalau desa maju, Indonesia pasti maju, apapun yang terkait teknologi informasi dan komunikasi akan kami urus,” kata Anang saat sambutan.

Anang mengungkapkan fokus pembangunan pemerintah terhadap desa adalah anggaran dana desa yang selalu naik setiap tahun. Sehingga, dia berharap supaya kerja sama antara BUMDes dan penyedia layanan internet bisa saling menguntungkan.

Dia pun berharap supaya kerja sama percepatan akses internet dalam fokus kerja sama bias terus berlanjut. “Setelah persoalan infrastruktur selesai, kami akan lanjutkan dengan pemanfaatan akses internet di desa,” ujar Anang.

Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Badan Usaha BAKTI Dhia Anugrah Febriansa menjadi wakil dari pihak BAKTI dalam penandatangan Perjanjian Kerja Sama.

Selain itu, ada juga Ketua Pengurus BUMDESMA Panca Mandala Irman Meilandi, Direktur Pengembangan Layanan & Ekosistem PT Sarana Insan Muda Selaras Eka Indarto, Ketua Pengurus BUMDes Makmur Bersama Ana Dharmawan, dan Direktur PT STI Eko Budirahardjo.

Ketua Pengurus BUMDESMA Panca Mandala Irman Meilandi menjelaskan konektifitas akses internet membuat daerahnya jadi percontohan wilayah lain. Selain itu, penyediaan akses internet menjadi salah satu sumber penghasilan karena munculnya teknologi informasi dan komunikasi.

Ketua Pengurus BUMDes Makmur Bersama Ana Dharmawan yakin internet sebagai akses pemasaran produk yang sudah ada di desa. “Adanya internet membantu desa kami yang ada di pinggiran untuk maju bersaing dengan yang lain,” kata Ana.

**

Tentang BAKTI

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI) merupakan unit organisasi non eselon di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang bertanggungjawab melaksanakan pengelolaan pembiayaan Kewajiban Pelayanan Universal dan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan informatika.

BAKTI merupakan ujung tombak mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Seluruh program BAKTI dimaksudkan untuk menjangkau wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), sebagaimana salah satu strategi Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam mengurangi kesenjangan telekomunikasi.

× Ada yang bisa kami Bantu?